OOP merupakan singkatan dari Object Oriented Programming atau biasa disebut pemrograman berorientasi objek. Pemprograman Berbasis Objek merupakan salah satu teknik pemrograman berdasarkan objek. OOP mempunyai 3 pilar utama di dalamnya yakni Encapsulation, Inheritance, dan Polymorphism.
Kelas merupakan prototype / blue print dari objek-objek yang akan dibuat yang mendefinisikan variabel - variabel dan method - method secara umum.
Objek merupakan bagian dinamis dari suatu kelas. Penggunaan kelas tidak bisa langsung, akan tetapi harus dibuat objek terlebih dahulu. Objek merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas. Proses pembentukan objek dari suatu kelas disebut dengan instantiation.
Sebagai contoh kita akan membuat kelas mahasiswa. Kelas Hewan mempunya atribut nama dan nim. Dan juga method diantaranya tampilkan nama, tampilkan nim. makan, minum, olahraga dan belajar.
public class Mahasiswa { public String nama; public String nim; public Mahasiswa(String nama, String nim) { this.nama = nama; this.nim = nim; } public String tampilkanNama(){ return nama; } public String tampilkanNim(){ return nim; } public void makan(){ System.out.println("Nyam... Nyam... Nyam..."); } public void minum(){ System.out.println("segaaarrrr......"); } public void olahraga(){ System.out.println("Sehat sehat sehat"); } public void Belajar(){ System.out.println("Pintar pintar pintar"); } }
Kemudian buat sebuah objek dengan menginstansiasi kelas Mahasiswa.
public class main { public static void main (String[]args){ Mahasiswa mhs = new Mahasiswa("Wim", "1234"); System.out.println("Nama \t : "+ mhs.tampilkanNama()); System.out.println("NIM \t : "+ mhs.tampilkanNim()); mhs.makan(); mhs.minum(); mhs.Belajar(); mhs.olahraga(); System.out.println(); Mahasiswa mhs = new Mahasiswa("Elaine", "4848"); System.out.println("Nama \t : "+ mhs.tampilkanNama()); System.out.println("NIM \t : "+ mhs.tampilkanNim()); mhs.makan(); mhs.minum(); mhs.Belajar(); mhs.olahraga(); System.out.println(); } }
Untuk melihat hasilnya jalankan kelas main.
Terima kasih, selamat mencoba
Happy Coding :)
0 Komentar
Penulisan markup di komentar