Pemikiran Teologi Khawarij

Monday, October 29, 2012
Khawarij secara etimologis berasal dari bahasa Arab yaitu Kharaja jamak dari kata Kharij yang berarti keluar, muncul, timbul atau memberontak. Secara Terminologis banyak pendapat yang mengartikan kelomopok khawarij, antara lain:
  1. Khawarij merupakan suatu sekte atau kelompok pengikut Ali bin Abi Thalib yang keluar meninggalkan barisan Ali karena ketidaksepakatan terhadap keputusan Ali yang menerima Abitrase (tahkim) dalam perang shiffin (37H/648M) dengan kelompok muawiyah bin Abi Syofiyan perihal persengketaan khilafah.
  2. Khawarij merupakan kelompok atau golongan yang keluar dan tidak loyal kepada pimpinan mereka yang shah. Yaitu kepemimpinan Ali bin Abi Thalib.
  3. Nama Khawarij terambil dari al-Quran, 4:100, ayat itu memberikan pengertian bahwa “ keluar dari rumah untuk berjuang di jalan Allah”.  Kaum Khawarij memandang diri mereka sebagai orang-orang yang keluar dari rumah semata-mata untuk berjuang di jalan Allah swt.
  4. Kaum khawarij adalah orang-orang yang memberontak etrhadap Ali pada masa terjadi arbitrase, dan mereka ini berkumpul di Harura dekat Kuffah.
Mereka sendiri (khawarij) menyebut diri mereka dengan “syurah” (pembeli), yang berarti bahwa mereka membeli kehidupan akhirat dengan kehidupan duniawi. Khawarij juga disebut An-Nawashib, sebutan ini dialamatkan kepada mereka karena mereka sangat membenci bahkan mengkafirkan Ali bin Abi Thalib.

Doktrin-Doktrin Pokok Khawarij
            Doktrin-doktrin kelompok khawarij itu terbagi menjadi tiga kategori, yaitu : doktrin politik, doktrin social, dan doktrin teologi.

A. Doktrin Politik
  • Khafilah atau imam harus dipilih secara bebas oleh seluruh umat islam.
  • Khalifah tidak harus berasal dari keturunan Arab. Dengan demikian setiap muslim berhak menjadi khalifah apabila sudah memenuhi syarat.
  • Pasukan perang jammal yang melawan Ali  juga dianggap kafir.
  • Khalifah dipilih secara permanent selama yang bersangkutan bersikap adil dan menjalankan syariat islam. Ia harus dijatuhkan bahkan dibunuh kalau melakukan kezaliman.
  • Imam dan khilafah bukanlah suatu keniscayaan. Tanpa imam dan khilafah kaum muslimin bisa hidup dalam kebanaran dengan cara saling menasehati dalam hal kebenaran.
  • Khalifah sebelum Ali adalah sah, tetapi setelah tahun dari masa kekhalifahannya, utsman dianggap telah menyeleweng.
  • Khalifah Ali adalah sah, tapi setelah arbitrse dia dianggap teklah menyeleweng.
  • Muawiyah dan Amr bin Ash serta Abu Musa Al-Asyari juga dianggap menyeleweng dan kafir.
B. Doktrin Teologi
  • Amar ma’ruf nahi munkar.
  • Memalingkan ayat-ayat al-quran yang tampak mutasabihat.
  • Qur’an adalah makhluk.
  • Manusia bebas memutuskan perbuatannya bukan dari tuhan.
  • Ajaran agama yang harus diketahui hanya ada dua, yakni mengetahui Allah dan Rasul-Nya. selain dua hal itu tidak wajib diketahui.
C. Doktrin Sosial
  • Seseorang yang berdosa besar tidak lagi disebut muslim sehingga harus dibunuh. Yang sangat anarkis, mereka menganggap bahwa seorang muslim dapat menjadi kafir apabila ia tidak mau membunuh muslim lain yang teah dianggap kafir dengan resiko ia menanggung beban harus dilenyapkan pula.
  • Orang musyrik adalah orang yang melakukan dosa besar, tidak sepaham dengan mereka atau orang yang sepaham akan tetapi tidak ikut hijrah dan berperang bersama mereka. orang musyrik itu halal darahnya, nasib mereka bersama anak-anaknya akan kekeal di neraka.
  • Seseorang harus menghindar dari pimpinan yang menyeleweng.
  • Orang islam yang berbuat dosa besar, seperti berzina dan membunuh adalah kafir dan selamanya masuk neraka.
  • Setiap muslim harus berhijrah dan bergabung dengan golongan mereka. Bila tidak mau bergabung, ia wajib diperangi karena hidup dalam Negara musuh.

Ciri-ciri Kaum Khawarij

Kaum khawarij memiliki ciri-ciri dan sifat yang has, yang jarang dimiliki oleh golongan yang lainya., antara lain yaitu:
  1. Sifat-sifat kaum khawarij, yaitu kedangkalan dan tidak mendalamnya mereka tentang mendalami masalah-m`salah yang mereka hadapi, serta tidak jauhnya pandangan mereka dalam menilai hasil-hasil dan akibat dari perbuatan-perbuatan yang hendak mereka kerjakan.
  2. Mereka sangat keras dan berlebih-lebihan dalam beribadah, contohnya dari riwayat Ibnu Abbas ketika datang kepada Khalid melihat kening mereka luka-luka karena sujud mereka sangat lama, dan mereka gemar dan siap untuk beribadah.
  3. Khawarij memiliki sifat berani dan suka berperang serta menganggap rendah tentang kehidupan dunia ini, untuk mempertahankan pendapat dan prinsip yang mereka anut
  4. Khawarij memiliki sifatanarkime dan kesukaan mereka memberontak serta menimbulkan kegoncangan dan tidak mematuhi peraturan dan tata tertib.
Bukti-bukti bahwa mereka anarkis, antara lain sebagai berikut:
  1. Mereka itu memusuhi semua orang dan memaklumkan perang kesemua orang yang tidak termasuk golongan mereka.
  2. Mereka menghalalkan darah semua muslim dan harta muslim di luar golongan mereka.
  3. Mereka itu terpecah–pecah kepada golongan yang banyak jumlahnya, disatu sama lain biasa bertempur karena sebab-sebab yang remeh.
  4. Mereka suka mengkafirkan orang lain karena sebab-sebab yang sangat remeh, ataupun tanpa sebab sama sekali, sehinggaa salah seorang dari mereka pernah berkata “ kalau imam telah kafir maka kafir pula rakyatnya”
Prinsip-Prinsip Khawarij
Adapun khawarij berkelompok-kelompok dan bercabang-cabang, mereka tetap berpandangan sama dalam dua perinsip, yaitu :
1. Persamaan pandangan mengenai kepemimpinan , mereka sepakat bahwa khalifah diserahkan kepada rakyat untuk memilihnya dan tidak ada keharusan dari kabilah atau keturunnan tertentu, seperti quraish atau keturunan nabi.
2. Persamaan pandangan yang berkenaan dengan aqidah. Mereka berpendapat bahwa mengamalkan perintah-perintah agama adalah sebagian dari iman.

Aliran-Aliran Khawarij
Aliran-aliran khawarij secara keseluruhan terdapat sebanyak delapan golongan, namun hanya enam yang akan kami jelaskan, antara lain:
1.Azariqah
2. Nandat Adzariyah
3. Ibadhiyah
4. Ajaridah
5. Tsa’alibah
6. Shafariyah Ziyadiyah

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔