Pengenalan Bahasa C/C++

Thursday, January 10, 2013
Bahasa C adalah salah satu bahasa pemrograman yang populer di dunia dan mempunyai kemampuan lebih dari bahasa pemrograman lain. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang ditulis dalam bahasa C, atau paling tidak inti utama programnya ditulis dalam bahasa C. Bahkan, Software Development Kit untuk Windows ditulis dalam bahasa C. Bahasa C merupakan bahasa pemrograman yang sifatnya portable, yaitu dengan sedikit atau tanpa perubahan, suatu program ditulis dengan bahasa C pada suatu komputer dapat dijalankan pada komputer lain. Bahasa C merupakan general purpose language yaitu bahasa pemrograman yang dapat digunakan untuk tujuan apa saja. C merupakan industrial strength language. Dengan bahasa C Anda dapat membangun berbagai aplikasi mulai dari pemrograman sistem, aplikasi cerdas (artificial intelligence), sistem pakar, utility, driver, database, browser, network programming, sistem operasi, game, virus dan lain-lain.

Bahasa C diciptakan oleh Dennis Ritchie. Sebenarnya, bahasa C merupakan pengembangan dari bahasa BCPL yang lebih dahulu ada. Sebagai bahasa yang digolongkan dalam middle level language, bahasa C mempunyai kemudahan didalam mengakses perangkat keras, juga kecepatan prosesnya yang mendekati low level language seperti Assembly. Disamping itu, bahasa C jauh lebih mudah untuk dipelajari jika dibandingkan dengan bahasa low level karena mendekati frase-frase dalam bahasa manusia, yaitu bahasa inggris.

C mempunyai banyak keuntungan dibandingkan bahasa pemrograman lainnya. C merupakan bahasa yang kokoh dan memberikan keleluasaan kepada penggunanya. C merupakan bahasa yang portabel. Dengan sedikit atau tanpa modifikasi, program C yang ditulis pada suatu komputer dapat dijalankan pada komputer lain yang kompiler C. Keuntungan lain dari C adalah dalam hal kecepatan eksekusi. C memberikan kecepatan yang mendekati bahasa Assembly, tetapi memberikan kemudahan yang tidak ditawarkan oleh Assembly.

Untuk melakukan kompilasi, digunakan program Turbo C++ 4.5 dari Borland International. Kompiler ini merupakan salah satu kompiler terbaik dalam bahasa C. Selain cepat, juga file executable yang dihasilkan berukuran kecil. Selain itu, kompiler ini juga sudah mendukung pemrograman C++ yang merupakan pengembangan bahasa C. Dalam bahasa ini, pemrograman berorientasi objek dapat dilakukan.

Dengan tersedianya beberapa pustaka (library) dari C memungkinkan seorang programmer mengembangkan programnya lebih luas tanpa harus menulis keseluruhan programnya. Sebagai contoh, bila Anda ingin membuat suatu Window di layar, bagian program dari window ini sudah tersedia dalam library, sehingga Anda tinggal menggunakannya.

Pengembangan dari bahasa C yaitu C++ sudah banyak dipergunakan orang untuk menuliskan program-program paker, karena C++ hampir tidak menimbulkan hambatan yang berarti sehingga perusahaan software banyak menulis library untuk maksud-maksud tertentu.

Mengapa menggunakan C++? Ada beberapa kriteria yang dimiliki oleh C++ yang berbeda dengan bahasa pemrograman yang lain.

Kriteria - kriteria itu adalah :

Pemrograman berorientasi objek
Pemrograman dapat merancang suatu objek yang tersusun dari beberapa kode-kode atau objek-objek yang tersusun menjadi suatu modul yang memudahkan komunikasi antara pemrogram satu dengan pemrogram yang lain atau dengan programnya sendiri dan rancangan inilah yang akan berkembang menjadi suatu pemrograman berorientasi objek.

Portabilitas
Kita dapat membuat program C++ dengan segala jenis komputer dan sistem operasi tanpa dengan susah payah menbuat perubahan. C++ adalah salah satu yang paling cocok dan digunakan ke bahasa program dengan platform berbeda.

Singkat
Kode program dalam C++ sangat pendek jika dibandingkan dengan bahasa pemrogaman yang lain.

Andri Kristanto, Struktur Data dengan C++

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Ads