Kriteria Baik dan Buruk

Monday, October 29, 2012
1. Pengertian Baik dan Buruk
a. Pengertian Baik
  • Sesuatu hal dikatakan baik, bila ia mendatangkan rahmat, memberikan perasaan senang atau bahagia. Jadi sesuatu yang dikatakan baik bila ia dihargai secara positif (Ensiklopedi Indonesia, I, hlm.362).
  • Sesuatu yang mempunyai nilai kebenaran atau nilai yang diharapkan, yang memberikan kepuasan (The Advanced Learner’s Dictionary of Current English, hlm.430); 

b. Pengertian Buruk
  • Tidak baik, tidak seperti yang seharusnya, tak sempurna dalam kualitas, di bawah standard, kurang dalam nilai,tak mencukupi (New Twentieth Century Dictionary of English Language, hlm.138); 
  • Keji, jahat, tidak bermoral, tidak menyenangkan, tidak dapat disetujui, tidak dapat diterima (The Advanced Learner’s Dictionary of Current Ebertentenglish,lm.63); 

2. Ukuran Baik dan Buruk
Baik buruk melalui Aliran Tradisionalisme
Baik buruk melalui Aliran Hedonisme
Baik buruk melalui Aliran Intuitionisme
Baik buruk melalui Aliran Evolusionisme
Baik buruk melalui Aliran Utilitarianisme
Baik buruj melalui Aliran Vitalisme
Baik buruk melalui Aliran Religiosme
Baik buruk melalui Aliran Idealisme
Baik buruk melalui Aliran naturalism
Baik buruk melalui Aliran Theologis

Aliran Tradisionalisme
Aliran ini berpendapat bahwa norma “baik” dan “buruk” adalah tradisi atau adat kebiasaan. Tiap suku atau bangsa memiliki adat-istiadat yang diwariskan dari nenek moyangnya, adat-istiadat atau tradisi itu merupakan hukum yang harus diikuti bagi suatu suku atau bangsa. Dipandang baik bagi orang yang mengikutinya dan dipandang buruk bafi orang yang melanggarnya. Contoh: cara berbicara dengan orang Jawa.

Aliran Hedonisme
Aliran ini berpendapat bahwa kebahagiaan merupakan norma baik dan buruk. Sesuatu itu dipandang baik jika mendatangkan kebahagiaan dan perbuatan itu buruk jika mendatangkan penderitaan. Dalam aliran ini baik dan buruk dipandang dari sudut materi. Contoh : film-film dan sinetron.

Aliran Intuitionisme
Aliran ini berpendapat bahwa pengetahuan baik dan buruk adalah intuisi, (intuisi=bisikan kalbu) intuisi adalah kekuatan batin yang dapat mengenal sesuaitu yang baik dan buruk dengan sekilas pandang tanpa melihat manfaat dan akibat yang ditimbulkan.

Aliran Evolusionisme
Aliran ini berpendapat bahwa segala sesuatu yang ada dialam ini akan mengalami evolusi. Yaitu berkembang dari apa adanya menjadi sempurna termasuk juga akhlak manusia.

Aliran Utilitarianisme
 Maksud dan paham ini adalah untuk sesama manusia / semua makhluk yang memiliki perasaan. Dalam abad sekarang ini kemajuan dibidang teknik cukup meningkat, dan kegunaanlah yang menentukan segala-galanya. Nabi misalnya menilai bahwa orang yang baik adalah orang yang memberi manfaat pada yang lainnya

Aliran Vitalisme
Menurut paham ini yang baik ialah yang mencerminkan kekuatan dalam hidup manusia. Dan terjadi disintegrasi antara yang pandai denga yang bodoh. Aliran ini terjadi pada masa feodalisme.

Aliran Religiosme
Menurut paham ini dianggap baik adalah perbuatan yang sesuai dengan kehendak Tuhan, sedangkan perbuatan buruk adalah perbuatan yang tidak sesuai dengan kehendak Tuhan.

Aliran Idealisme
Aliran idealisme merupakan factor terpenting dari wujudnya tindakantindakan yang nyata. Aliran naturalism Yang menjadi ukuran baik dan buruknya perbuatan manusia menurut aliran ini adalah perbuatan yang sesuai dengan ftrah / naluri manusia itu sendiri, baik mengenai fitrah lahir maupun fitrah batin.

Aliran Theologis
Aliran ini berpendapat bahwa yang menjadi ukuran baik dan buruknya perbuatan manusia, adalah didasarkan atas ajaran Tuhan, apakah perbuatan itu diperintahkan / dilarang oleh-Nya.

Share this :

Previous
Next Post »
1 Komentar
avatar

like http://i306.photobucket.com/albums/nn252/cebong_ipit/templateanna/emo-girl-001.gif

Balas

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔