Pengenalan Jaringan LAN

Tuesday, April 26, 2011
Local Area Network ( LAN ) adalah sebuah jaringan computer antara dua atau lebih yang saling dikoneksikan sehingga memungkinkan masing-masing computer tersebut dapat bertukar data atau proses.

Jaringan computer ini bervariasi dari ukuran atau jumlah anggota, lingkup atau jarak antar anggota, bentuk koneksi, media koneksi dan system interaksi antar anggotanya. Jaringan computer diklasifikasikan berdasarkan hal-hal diatas karena masing-masing memerlukan penanganan sendiri untuk mempertahankan unjuk kerja dari jaringan tersebut. Jaringan computer dengan skala kecil mungkin tidak terdapat permasalahan seperti pada jaringan computer dengan skala besar. Hal ini disebabkan karena jaringan dengan skala besar kadang memerlukan penanganan khusus untuk menghindari kemacetan jalur akibat media transmisi yang digunakan tidak mampu menanggung beban trafik yang cukup padat.

Lingkup atau jarak antar anggota juga harus ditangani secara spesifik. Penggolongan jaringan computer berdasarkan hal ini ada tiga macam yaitu Local Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN) dan Wide Area Network (WAN). LAN adalah jaringan dengan ruang lingkup yang paling kecil karena hanya dipakai untuk jaringan-jaringan dalam sebuah kantor atau gedung dengan jarak terjauh dari media transmisinya kurang lebih satu kilometer. MAN adalah jaringan computer yang lingkupnya dalam satu kota dengan jarak terjauh media transmisinya mencapai 10 kilometer.

Dari sudut pandang system yang dianut suatu jaringan computer dapat dikelompokkan sebagai jaringan dengan system peer to peer, client server, dump terminal, dan merarkis.

Manfaat
1.Mempermudah pertukaran data
2.Menghemat pemakaian resource
3.Reliabilitas tinggi
4.Sebagai media komunikasi yang handal

Kekurangan :
Kekurangan utama yang ada pada sebuah jaringan adalah factor keamanan yang harus diatasi. Hal ini disebabkan dengan mengkoneksikan computer kita dengan computer yang lain dimana data-data atau program dapat saling dipertukarkan maka virus computer yang bertujuan untuk merusak system pun dapat dengan cepat menyebar. Untuk mengatasi hal ini tentu sangat dibutuhkan software antivirus.
Disamping itu dengan koneksi ke jaringan berarti computer kita bisa diakses orang lain. Dalam hai ini keamanan data sangat tergantung dari setting keamanan di tiap-tiap terminal dan apabila ada koneksi dengan internet maka diperlukan firewall yang akan melindungi jaringan local dari intruder dari luar yang tidak bertanggung jawab.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔