Konsep OOP Kelas dan Objek

Monday, February 22, 2016

OOP merupakan singkatan dari Object Oriented Programming atau biasa disebut pemrograman berorientasi objek. Pemprograman Berbasis Objek merupakan salah satu teknik pemrograman berdasarkan objek. OOP mempunyai 3 pilar utama di dalamnya yakni Encapsulation, Inheritance, dan Polymorphism.

Kelas merupakan prototype / blue print dari objek-objek yang akan dibuat yang mendefinisikan variabel - variabel dan method - method secara umum.


Objek merupakan bagian dinamis dari suatu kelas. Penggunaan kelas tidak bisa langsung, akan tetapi harus dibuat objek terlebih dahulu. Objek merupakan hasil instansiasi dari suatu kelas. Proses pembentukan objek dari suatu kelas disebut dengan instantiation.


Sebagai contoh kita akan membuat kelas mahasiswa. Kelas Hewan mempunya atribut nama dan nim. Dan juga method diantaranya tampilkan nama, tampilkan nim. makan, minum, olahraga dan belajar.


public class Mahasiswa {

    public String nama;
    public String nim;

    public Mahasiswa(String nama, String nim) {
        this.nama = nama;
        this.nim = nim;
    }

    public String tampilkanNama(){
        return nama;
    }

    public String tampilkanNim(){
        return nim;
    }

    public void makan(){
        System.out.println("Nyam... Nyam... Nyam...");
    }

    public void minum(){
        System.out.println("segaaarrrr......");
    }

    public void olahraga(){
        System.out.println("Sehat sehat sehat");
    }

    public void Belajar(){
        System.out.println("Pintar pintar pintar");
    }
}

Kemudian buat sebuah objek dengan menginstansiasi kelas Mahasiswa.

public class main {
    public static void main (String[]args){
        Mahasiswa mhs = new Mahasiswa("Wim", "1234");
        System.out.println("Nama \t : "+ mhs.tampilkanNama());
        System.out.println("NIM \t  : "+ mhs.tampilkanNim());
        mhs.makan();
        mhs.minum();
        mhs.Belajar();
        mhs.olahraga();
        System.out.println();

        Mahasiswa mhs = new Mahasiswa("Elaine", "4848");
        System.out.println("Nama \t : "+ mhs.tampilkanNama());
        System.out.println("NIM \t  : "+ mhs.tampilkanNim());
        mhs.makan();
        mhs.minum();
        mhs.Belajar();
        mhs.olahraga();
        System.out.println();
    }
}

Untuk melihat hasilnya jalankan kelas main.

Terima kasih, selamat mencoba
Happy Coding :)

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔

Ads