Salah satu cara untuk memasukkan input secara interaktif melalui keyboard di java ditangani dengan menggunakan class BufferedReader dengan sintaks:
BufferedReader input1=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String dat1=input1.readLine();
Sebuah objek yang diberi nama input1 pada baris perintah di atas digunakan untuk menangani pemasukan data melalui keyboard dan variabel dat1 digunakan untuk mengambil tiap baris data yang tadinya masih disimpan dalam buffer menjadi String.
Berikut ini adalah contoh program sederhana tentang input dari keyboard tersebut di atas:
import java.io.*;
public class InputKeyboard1{
public static void main(String[]args){
try{
System.out.print("data1= ");
BufferedReader input1=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String dat1=input1.readLine();
int data1=Integer.parseInt(dat1);
System.out.print("data2= ");
BufferedReader input2=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String dat2=input2.readLine();
int data2=Integer.parseInt(dat2);
int data3=data1+data2;
System.out.println("data1 + data2 = "+data3);
}catch(IOException e){
}
}
}
BufferedReader input1=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String dat1=input1.readLine();
Sebuah objek yang diberi nama input1 pada baris perintah di atas digunakan untuk menangani pemasukan data melalui keyboard dan variabel dat1 digunakan untuk mengambil tiap baris data yang tadinya masih disimpan dalam buffer menjadi String.
Berikut ini adalah contoh program sederhana tentang input dari keyboard tersebut di atas:
import java.io.*;
public class InputKeyboard1{
public static void main(String[]args){
try{
System.out.print("data1= ");
BufferedReader input1=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String dat1=input1.readLine();
int data1=Integer.parseInt(dat1);
System.out.print("data2= ");
BufferedReader input2=new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in));
String dat2=input2.readLine();
int data2=Integer.parseInt(dat2);
int data3=data1+data2;
System.out.println("data1 + data2 = "+data3);
}catch(IOException e){
}
}
}
Output :
data1= 1
data2= 2
data1 + data2 = 3
Perlu diperhatikan bahwa penggunaan BufferedReader harus selalu menggunakan blok try ... catch agar bisa digunakan. Blok try ... catch ini secara khusus digunakan untuk menangani kesalahan yang mungkin terjadi sehingga bila terdapat kesalahan program, aplikasi dapat memberikan reaksi sesuai harapan kita.
data2= 2
data1 + data2 = 3
Perlu diperhatikan bahwa penggunaan BufferedReader harus selalu menggunakan blok try ... catch agar bisa digunakan. Blok try ... catch ini secara khusus digunakan untuk menangani kesalahan yang mungkin terjadi sehingga bila terdapat kesalahan program, aplikasi dapat memberikan reaksi sesuai harapan kita.
0 Komentar
Penulisan markup di komentar