Pengaruh Penggunaan Handphone di Kalangan Siswa

Wednesday, December 28, 2011
Pengaruh Penggunaan Handphone di Kalangan Siswa

Oleh : Wim Sonevel

Abstak

Handphone rupanya telah memberikan sejumlah pengaruh yang sangat besar bagi kehidupan siswa di tanah air. Sehingga menimbulkan dampak positif maupun negatif. Secara perlahan-lahan telah merubah perilaku dan pola pikir siswa, khususnya dalam pembelajaran di sekolah. Maraknya penggunaan handphone dikalangan siswa menyebabkan ketergantungan pada benda tersebut. Hal ini sangat sangat berpengaruh pada masa depan mereka.

Kata Kunci : handphone, siswa, pengaruhnya


Pendahuluan
Di era globalisasi ini, teknologi telah berkembang sangat pesat dan maju. Hal itu tidak dapat terelakkan lagi karena telah terbukti di zaman yang mutahir ini telah bermunculan alat-alat yang dapat mempermudah manusia dalam hal apa saja. Dan semakin pesat perkembangannya saat ini adalah alat komunikasi berupa telepon seluler atau sering disebut handphone. Handphone atau yang lebih dikenal dengan “HP” sudah dikenal oleh berbagai kalangan. Mulai dari kalangan bawah sampai kalangan atas, dari anak kecil hingga lansia. Tidak ada khalayak yang secara tegas menolak hadirnya “benda segi empat” yang dipuja oleh berbagai kalangan tersebut.
Di Indonesia, peningkatan jumlah pengguna handphone sangat drastis dari tahun ke tahun berdasarkan survei dari hasil penelitian. Sebagian besar pengguna handphone adalah kalangan kaum pelajar, mulai dari tingkat menengah hingga tingkat perguruan tinggi bahkan tingkat sekolah dasar pun sudah banyak yang menggunakan alat komunikasi seluler ini. Peningkatan jumlah penggunaan handphone dikarenakan manfaat yang diberikan oleh alat komunikasi ini sangat banyak, diantaranya adanya handphone memudahkan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain, selain itu pada saat ini telah terdapat berbagai fasilitas – fasilitas atau fitur-fitur yang ada di dalamnya seperti kamera, radio, internet, mp3, dan lain sebagainya
.
Handphone sebagai media pengetahuan dan informasi
Secara tidak langsung memang teknologi komunikasi ini membawa berbagai keuntungan tersendiri bagi penggunanya. Terutama dalam bidang pendidikan dan edukasi, telah menunjukkan perannya sebagai media atau sarana pembelajaran berbasis informasi. Seperti layanan edukasi yang ditawarkan oleh perusahaan nokia menunjang terciptanya pembelajaran yang efektif, modern dan canggih. Apalagi sekarang ini handphone bisa mengakses internet yang memungkinkan pencarian informasi lengkap sudah ada dalam genggaman. Bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun tanpa membuang waktu. Cukup dengan mengklik, maka informasi yang sedang dicari akan muncul di layar ponsel. Baik itu mungkin informasi tentang ilmu pengetahuan, seputar teknologi, berita-berita dan lain sebagainya. Sehingga siswa tidak kesulitan dalam mencari informasi yang berkaitan dengan materi di sekolah.
Dikalangan siswa itu sendiri handphone menyediakan beragam pengetahuan yang sangat luas. Namun rupanya sebagian kecil dari kalangan siswa yang menyadari hal tersebut sebagai sarana peningkatan pengetahuan dan keterampilan.


Pengaruh buruk penggunaan handphone bagi siswa
Realitas kehidupan siswa pada masa sekarang telah berubah semenjak mengenal handphone. Handphone telah menyebabkan perkembangan anak terganggu. Dengan canggihnya fitur-fitur yang tersedia di handphone seperti kamere, permainan, akan mengganggu siswa dalam menerima pelajaran di sekolah. Tidak jarang dari mereka disibukkan dengan menerima atau mengangkat panggilan, pesan singkat dari teman atau keluarga, apalagi facebookan yang lagi “ngetren” saat ini. Bahkan lebih parah lagi terjadi kecurangan dalam ujian, saat ujian berlangsung siswa sering mengandalkan handphone untuk meminta atau mengirimkan jawaban lewat pesan singkat. Oleh karena itu sering bermunculan kasus siswa yang ketahuan membawa handphone ketika ujian berlangsung. Bukannya menjadi pintar malah menjadi bodoh dan malas. Dan juga akan menentukan prestasinya di kelas. Fenomena tersebut sudah sangat jelas terjadi hampir di seluruh siswa di tanah air. Seolah – olah sudah menjadi tradisi yang tidak dapat di pisahkan dari fenomena sekarang ini. Dari segi psikologis juga berpengaruh buruk terhadap perkembangan anak usia dini. Keseringan memegang handphone akan menimbulkan ketergantungan yang sangat kuat, seperti halnya perokok berat yang sulit menghentikan kebiasaannya.
Tiada hari tanpa handphone, kemanapun dan kapanpun selalu dibutuhkan seakan-akan sudah menjadi bagian dari hidup. Kadang menghabiskan waktu seharian mengutak-atik handphone. Kalau tidak ada handphone rasanya dunia terasa hampa katanya. Padahal itu bukanlah barang yang teramat penting dalam kehidupan dunia. Apabila siswa masih terus bergantung pada handphone bagaimana masa depannya kelak. Apa jadinya bangsa Indonesia ini di masa yang akan datang. Tidak menutup kemungkinan kalau pendidikam bangsa Indonesia menjadi rendah dan terbelakang.

Kesimpulan dan Saran

Setelah mengetahui betapa besarnya pengaruh yang ditimbulkan, maka harus disadari oleh kalangan siswa mulai sekarang. Kehidupan masyarakat modern ini, keberadaan handphone di samping membawa manfaat yang cukup besar, juga tidak lepas dari pengaruh negatif yang ditimbulkan. Apalagi kalangan pelajar atau siswa, mereka harus panda dalam memilah dan memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Karena generasi penerus bangsa ini ada ditangan mereka.

Daftar Rujukan

e-refleksi.yk-edu.org/sharefile/files/16032011221458_artikel_adi.doc


http://epintz.wordpress.com/2009/02/17/pengaruh-teknologi-informasi-ke-dalam-pergaulan-remaja-handphone/


http://www.ubb.ac.id/menulengkap.php?judul=Handphone%20bagi%20Kehidupan%20Remaja&&nomorurut_artikel=373

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔