Perkembangan Islam di Dunia

Friday, May 06, 2011

A. Islam di Benua Asia

Agama islam lahir di Asia Barat tepatnya di kota suci Mekkah, Arab Saudi. Dewasa ini Agama Islam telah memasuki seluruh negara yang ada di benua Asia. Negara-negara yang penduduknya mayoritas umat Islam dan ada pula yang minoritas. Umat islam di Benua Asia sekarang ini sedang berusaha meningkatkan kualitasnya, baik dibidang keislaman maupun dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi.

Negara-negara di Benua Asia yang mayoritas maupun minoritas Islam, antra lain :

Pakistan ( Repoblik Islam Pakistan )
Pakistan merupakan Negara yang memisahkan diri dari India. Pada Abad ke- 13 s/d 15 agama Islam berkembang dengan pesat di India, dengan bukti adanya kerajaan-kerajaan Islam di India dan bangunan-bangunan tempat ibadah.

India
agama Islam masuk ke India pada abad ke-7. kemudian agama Islam dapat berkembang dengan pesatnya di India, dan pedagang-pedagang Islam India atau Gujarat yang membawa Islam ke negara-negara Asia Tenggara, seperti Indonesia, Malaka, Singapura, dan sebagainya

Rusia
Agama Islam masuk ke Rusia pada waktu Dinasti Yuan yang berkuasa, kemudian bangkitlah kaum revolusioner muslim untuk menumbangkan dinasti Yuan (1279-1368 M). Setelah dinasti Yuan lalu diganti dengan dinasti Ming.
Afganistan
RRC ( Repoblik Rakyat Cina )
Indonesia
Singapura
Thailand
Filipina
Malaysia ( Malaka )
dll

B. Islam di Benua Eropa
Agama Islam memasuki Benua Eropa melalui empat periode. Sekarang ini agama islam telah memasuki seluruh negara di Benua Eropa. Walaupun umat Islam di Benua Eropa itu merupakan minoritas, tetapi mereka itu giat dalam beribadah, berdakwah, dan mensosialisasikan pendidikan Islam. Hal itu ditandai dengan banyaknya masjid yang dibangun dengan organisasi-organisasi islam yang didirikan dengan giat dalam melaksanakan dakwah dan usaha-usaha pendidikan Islam. Umat Islam di Benua Eropa makin meningkat, baik dari segi kualitas maupun kuantitas.

Negara-negara di Benua Eropa yang mayoritas maupun minoritas Islam, antra lain :
Spanyol
Kaum muslimin yang mendiami spanyol dewasa ini terdiri dari keturunan umat islam yang terusir pada peristiwa Reqonquista (1492 M), kaum imigran pencari kerja yang bertempat tinggal di Spanyol hanya untuk sementara dan kaum imigran yang menetap di Spanyol. Jumlah mereka menurut catatan Jongen S. Nielson pada tahun 1990adalah sebesar 250.000 orang. Dari Maroko, Afrika, Timur Tengah, Asia Selatan, dan Asia Tenggara.

Prancis
jumlah penduduk muslim di Prancis cukup banyak ( ± 7% dari total penduduk). Mereka berasal dari Aljazair, Maroko, Tunisia, Afrika, Sub Sahara, Wilayah Laut Hitam dan dari berbagai wilayah Timur Tengah ( Mesir, Libanon, Suriah, Yordania, dan Irak ) dan Asia Tengah ( Turki, Iran, Afganistan, dan Pakistan ).

C. Islam di Benua Afrika
Agama islam telah memasuki benua Afrika sejak Rasulullah SAW masih hidup. Setelah Rasulullah SAW wafat, dakwah Isalam ke benua Afrika dilakukan melalui ekspansi wilayah kekuasaan, yang dimulai tatkala ‘Umar bin Khattab menjadi khalifah (634 – 644 M). Demikianlah pada masa-masa berikutnya terjadi proses islammisasi dan arabisasi, sehingga sekarang ini banyak negara di benua Afrika yang penduduknya mayoritas umat Islam. Keberadaan Islam dan umat Islam di benua Afrika terus meningkat kearah yang lebih maju, baik dalam kualitas maupun kuantitas.

Mesir
Mesir adalah kawasan Afrika pertama yang menerima masuknya Islam di benua ini, penduduknya lebih kurang 42 juta jiwa, dimana sekitar tigs jutanya beragama Kristen selebihnya beragama Islam.
Aljazair
islam masuk ke Aljazair sejak tahun 1980 M.
Tunisia
perluasan pengaruh Islam di kawasan Tunisia telah terjadi sejak pemerintahan Khalifah Usman bin Affan tahun 23-35 H (644-656 M) oleh Panglima Abdullah bin Sa’ad bin Abi Sarah dengan menghancurkan tentara Romawi yang telah jatuh reputasinya.
Libya
Nigeria

D. Islam di Benua Australia
Agama Islam memasuki Benua Australia dibawah oleh kaum imigran Muslim setelah Perang Dunia I dan II. Walaupun umat Islam di Australia merupakan minoritas, tetapai tersebar ke berbagai negara bagian Benua Australia. Mereka melakukan berbagai kegiatan yang islami, seperti beribadah, berdakwah, dan usaha-usaha pendidikan Islam. Hal itu ditandai dengan adanya masjid-masjid dan organisasi Islam yang bertaraf nasional, yaitu “Australian Federation of Islamic Council”. Di negara Federal Australia, kebebasan beragama dijamin oleh undang-undang, dan juga toleransi antar umat beragama cukup tinggi.

Perkembangan Islam di Australia :
Pembangunan Masjid
Contohnya, masjid Raya Faisal bantuan Saudi Arabia.

Tempat Pendidikan
Contohnya, Di Brisbone didirikan “Quesland Islamic Society” untuk menyadarkan anak-anak muslim mendirikan shalat dan meningkatkan silaturahmi.

Organisasi Islam
Contohnya, Australian Federation of Islamic Councils (AFIC) adalah himpunan dewan-dewan Islam Australia berpusat di Sydney.

E. Islam di Benua Amerika
Orang-orang islam pertama yang memasuki benua Amerika berasal dari Spanyol dan Benua Afrika. Namun orang-orang islam generasi awal ini banyak yang murtad, adanya tekanan-tekanan terhadap keislaman mereka. Umat islam yang berada di Amerika sekarang ini, umumnya, berasal dari kaum imigran. Mereka mulai memasuki benua Amerika sejak tahun 1975, dan terus berlanjut sampai hari ini. Adapun kegiatan islam di Benua Amerika, seperti; membangun masjid, dan pusat-pusat islam ( Islamic Center ), serta mendirikan berbagai organisasi Islam.

Selain itu, warga kulit hitam di Amerika pun banyak yang telah memeluk agama islam. Mereka banyak membangun masjid dan organisasi-organisasi islam. Organisasi-organisasi ini bergerak di didang dakwah, pendidikan, dan sosial.
umat islam yang berada di Kanada pun cukup banyak. Hal ini ditandai dengan berdirinya masji-masjid di setiap kota besar, dan adanya organisasi-organisasi islam.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔