Pengenalan IDE Delphi

Friday, February 17, 2012

Integrated Development Environment (IDE) atau lingkungan pengembangan terpadu merupakan sebuah lingkungan di mana semua tombol perintah yang diperlukan untuk mendesain, menjalankan dan menguji sebuah aplikasi disajikan dengan baik untuk memudahkan pengembangan program. IDE dalam program delphi terbagi menjadi enam bagian utama yakni Main Window, ToolBar, Component Palette, Form Designer, Code Editor, dan Object Inspector.

1. Main Window

Main Window adalah bagian dari IDE yang secara umum mempunyai fungsi yang sama dengan semua fungsi utama dari program aplikasi berbasis windows lainnya. Main Window Delphi terbagi menjadi tiga bagian yakni Main Menu, Toolbar dan Component Palette.
2. Toolbar

Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda. Setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi menggantikan suatu perintah menu yang sering digunakan. Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Delphi memiliki enam bagian toolbar yaitu Standard, View, Debug, Desktop, Custom dan Component Palette.
3. Component Palette

Component Palette berisi kumpulan ikon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada Component Palette terdapat beberapa page control seperti Standard, Additional, Win32, System, Data Access dan lain-lain. Ikon tombol pointer terdapat di setiap page control. Dipakai untuk menekan atau memilih posisi.
4. Form Designer

Form Designer merupakan suatu objek yang dapat dipakai sebagai tempat untuk merancang program aplikasi. Form merupakan sebuah lembar kerja yang dapat diisi dengan komponen-komponen yang diambil dari Component Palette. Pada saat Anda menjalankan delphi, maka otomatis delphi akan memberikan sebuah form kosong. Dalam sebuah form terdapat titik-titik yang disebut grid yang berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dimasukkan dalam form dan gerakan pointer mouse akan disesuaikan dengan posisi grid. Sebuah form mengandung unit yang berfungsi untuk mengendalikan form. Anda dapat mengendalikan komponen-komponen yang terletak dalam form dengan menggunakan Object Inspector dan Code Editor.
5. Object Inspector

Object Inspector digunakan untuk mengubah properti dari sebuah komponen. Object Inspector terdiri dari dua tab yaitu tab properties dan Events. Tab Properties digunakan untuk mengubah properti komponen. Tab Events digunakan untuk menangani kejadian-kejadian atau procedure yang dapat direspon oleh sebuah komponen. Misalnya, Anda ingin suatu kejadian dikerjakan pada saat komponen tersebut diklik, maka Anda dapat menuliskan kode program tersebut pada bagian OnClick.
6. Object TreeView

Object TreeView digunakan untuk menampilkan komponen-komponen yang telah ditambahkan ke dalam form kerja. Object TreeView memudahkan kita dalam mengatur dan mengendalikan properties masing-masing komponen.

7. Code Editor

Code Editor merupakan tempat di mana Anda dapat menuliskan kode program. Pada bagian ini Anda dapat menuliskan pernyataan-pernyataan dalam Object Pascal. Keuntungan memakai delphi adalah bahwa Anda tidak perlu menuliskan kode-kode sumber karena delphi telah menyediakan kerangka penulisan program. Code Editor dilengkapi dengan highlight yang memudahkan pemakai menemukan kesalahan. Pada bagian bawah terdapat tiga bagian informasi yang perlu untuk diperhatikan yaitu:
• Nomor baris/kolom yang terletak pada bagian paling kiri. Bagian ini berfungsi untuk menunjukkan posisi kursor di dalam jendela Code Editor.
• Text Modified menunjukkan bahwa file yang sedang disunting telah mengalami perubahan dan perubahan tersebut belum disimpan.
• Insert/Overwrite yang terletak pada bagian paling kanan menunjukkan modus pengetikan teks dalam jendela Code Editor.

Share this :

Previous
Next Post »
0 Komentar

Penulisan markup di komentar
  • Silakan tinggalkan komentar sesuai topik. Komentar yang menyertakan link aktif, iklan, atau sejenisnya akan dihapus.
  • Untuk menyisipkan kode gunakan <i rel="code"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan kode panjang gunakan <i rel="pre"> kode yang akan disisipkan </i>
  • Untuk menyisipkan quote gunakan <i rel="quote"> catatan anda </i>
  • Untuk menyisipkan gambar gunakan <i rel="image"> URL gambar </i>
  • Untuk menyisipkan video gunakan [iframe] URL embed video [/iframe]
  • Kemudian parse kode tersebut pada kotak di bawah ini
  • © 2015 Simple SEO ✔